Persiapan Jalan-jalan ke Korea Selatan + Mengurus Visa

781

Hallo, semuanya, apa kabar?

Baiklah, setelah bercerita tentang Hunting Tiket di Garuda Travel Fair, dan urusan hotel, kita akan mulai break down satu-satu persiapan apa aja nih, yang perlu kita lakukan.

Mau pergi keluar kota aja biasanya kita repot urus kendaraan, pakaian, penginapan dan makanan, kan? Belum lagi printilan lainnya kalau bawa keluarga. Nah, apalagi kalau mau jalan-jalan ke luar negeri. Kalau masih ke negara yang memiliki iklim yang sama sih gada masalah ya. Tapi bagaimana kalau jalan-jalannya ke negara dengan empat iklim. Okelah, kalau kita ke sananya saat sedang musim semi atau musim panas. Tapi bagaimana kalau kebetulan kita dapat tiketnya pas musim gugur atau musim dingin? Waaah, salah-salah bisa-bisa kita saltum di sana. Aduuuuh... jangan sampai deh, cuma bawa jaket jeans doang buat cuaca nol derajat. Bisa beku! (Nggak mungkin sebodoh itu kali yeee 😂 )

Nah, berhubung jalan-jalan kami kali ini bertepatan dengan akhir musim dingin di Korea Selatan, persiapannya musti mantap banget, dong! Yap, makanya nggak heran kalau pas akhir tahun 2017, aku dan suami getol banget berkunjung ke mal-mal. Selain hunting diskon akhir tahun yang gede-gedean, ya hunting baju hangat juga, dong! Kemana lagi lah huntingnya kalau bukan merk pakaian kita semua, Uni*lo. Hahahahaha...!

Tapi sebelumnya, ijinkan aku sharing itinerary yang sudah aku susun dulu ya selama di sana.

8 Februari 2018       berangkat dari Soetta pukul 11 malam

9 Februari 2018       tiba di Incheon pukul 08.30. imigrasi, bagasi, beres jam 10.

Langsung ke hotel di daerah gangnam
                                      Makan siang dan keliling daerah gangnam,
                                      kalau bisa mampir ke University National Seoul
                                      Starfield coex, lotte, Olympic park main ice skating
                                      Balik hotel tidur,
                                      jangan lupa cari makanan buat sarapan besoknya

10 Februari 2018     tur ke Elysia Gangchon dari jam 7.20.
                                       Berangkat dari hotel jam 6, paling telat 6.30.
                                       Meeting Point Myeongdong Station.
                                       Sampai Seoul lagi sekitar pukul 19-19.30
                                       Langsung ke Cheonggyecheon Stream
                                       Balik hotel tidur

11 Februari 2018     Sarapan di hotel, langsung check out pindah hotel.
                                       Sampai di Pullman jam 11,
                                       kalau belum bisa check in, concierge aja
                                       Langsung ke Nami Island
                                       Kalau masih keburu ke Banpo Bridge pulangnya,
                                       atau keliling ke tempat memungkinkan
                                         Alternatif 2 : Kalau sudah terlalu siang,
tidak usah ke Nami Island,
keliling daerah Myeongdong Itaewon aja.
Gyeongbokgung Palace harus jam 9-10, 12-13
untuk melihat pergantian penjaga
Malam ke Namsan Tower
Beli makanan buat sarapan besoknya

12 Februari 2018     Busan PP, kereta jam 7.30
                                       Ke mall terbesar di dunia. Melihat rumah warna warni.
                                       What to do in Busan dalam sehari aja?
                                       Pulang naik KTX jam 8an malam. Sampai hotel jam 22.00an

13 Februari 2018     Sarapan di hotel. Puas-puasin aja di sini. Check out jam 12
                                       check in airbnb jam 15.00
                                       Ketemu sama owner kamar jam 14.00 di Seoul Station.
                                       Waktu bebas, keliling Myeongdong Itaewon, dll
                                       Ewha Women university, Hongik university

14 Februari 2018     Kalau belum ke Nami Island, ke sana hari ini.
                                       Pulangnya beli oleh-oleh, lalu packing.
                                       Tapi kalau sudah ke Nami Island jalan-jalan aja di Seoul.
                                       Cari oleh-oleh, lalu packing

15 Februari 2018     jam 7 check out langsung ke Bandara.
                                       Pesawat jam 09.30

Naaaah, begitulah itinerary cantik yang sudah aku susun. Namun pada kenyataannya, paling hanya sesuai 30% nya aja. Selebihnya kebanyakan spontanitas. Hahahaha....

Untuk jalan-jalan Ski dan ke Busan, kebetulan aku beli-beli paket tour di Klook.com. Oh ya, sama penyewaan Egg Wifi dan tiket kereta ekspress dari Seoul ke Bandara Incheon. Kalau bingung mau ngapain aja di sana, mungkin bisa cek-cek situs ini. Oh ya, ini asli bukan endorse dari klook ya, tapi emang kemarin aku pakai ini pas atur-atur itinerary ke Seoul.

Oke, sekarang balik ke persiapan.

Pertama, kita akan mengatur tentang pakaiannya ya. Karena kami berdua menganut sistem light travel, jadi sebisa mungkin bawaan kami berdua nggak rempong sama pakaian. Jadi kami benar-benar menghitung kami akan menghabiskan berapa hari di sana. Dan nggak ada rencana belanja baju juga di sana.

Setelah melihat itinerary, bisa ketahuan dong kalau kami akan berada di Seoul selama tujuh hari. Jadi, kami benar-benar menghitung tujuh hari itu pakai baju apa. Berhubung nggak akan keringatan, satu baju bisa kami pakai dua kali. Jadi total semuanya kurang lebih kami bawa 3 pasang pakaian. Oh ya, baju tidur beda sendiri ya. Pakaian dalam hitung sesuai jumlah hari. Baju bolehlah dipakai berkali-kali, tapi tidak pakaian dalam. Hehehehe....

Setelah urusan baju beres, akhirnya tiba dong saatnya mengurus Visa. Jadi, bagaimana mengurus Visa ke Korea? Sebelumnya, ini alamat kedutaan korea ya.

KEDUTAAN BESAR REPUBLIK KOREA UNTUK REPUBLIK INDONESIA
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950
Telp : 62-21-29672555
Jam Operasi : 08.30 - 12.00 / 13.30 - 16.30
(Pas banget di samping gedung surveyor dan Kementrian Perindustrian)

www.ninnarosmina.com
Nah, ini penampakan formulirnya yang sudah didownload. Tinggal di print A4 deh ^^

1. Untuk awal, kalian bisa mengunjungi situs ini. Klik Formulir aplikasi Visa. Nah, tinggal download. Terus print A4 deh. Jejeng, tahap awal udah selesai. Di tangan kalian sudah ada formulir pengajuan visa korea. Nah, untuk selanjutnya, kalian isi deh semuanya di formulir. Nggak sulit, kalaupun sulit, kalian bisa ngisi dadakan pas di kantornya. Hahahaha.... Oh ya, jangan lupa pas foto dengan latar belakang putih ya langsung ditempel di formulirnya.
  2. Paspor asli dan fotocopy paspor (paspor lama boleh dilampirkan kalau ada) Oh ya, foto kopinya kalau bisa dengan kertas yang sama (A4) dan posisi madap atas ya. Jadi petugas ga akan melihat paspor dengan memiring-miringkan kertas.
  3. Surat keterangan kerja (untuk karyawan) atau surat keterangan mahasiswa/pelajar (ASLI) dalam BAHASA INGGRIS. Untuk WIRASWASTA harus lampirkan SIUP ya.
  4. Rekening koran aktif minimal tiga bulan terakhir; Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT); Slip Gaji. Nah, kemarin karena aku ibu RT, aku jadinya nebeng sama suami aja. Dokumen keuangan yang dilampirkan adalah dokumen keuangan suami.
  5. Fotokopi Kartu Keluarga.
  6. Nah, kemarin itu biar pihak sana yakin kalau aku ke sana cuma liburan, nggak bakalan nyusahin pemerintah sana dan bakalan balik lagi ke Indonesia, aku juga ngelampirin tiket PP dan booking hotel. Walaupun sebenarnya udah dikasih tahu sama pihak kedutaan tiket pesawat dan booking hotel nggak perlu dilampirin 😆😆
Nah, persyaratannya mudah kan? Pokoknya, ikutin aja deh semua persyaratan itu. InshaaAllah lolos. Katanya sih, visa korea nggak terlalu susah. Oh ya, pas memasukkan dokumen pengajuan, jangan lupa langsung bawa duitnya ya. Bawa 600 ribu aja, nanti juga ada kembaliannya kok. Nggak usah bawa pas-pas banget sampai ribuannya juga. Kemarin aku lupa bawa duit soalnya. Makanya sempat bolak-balik ke Kementrian Perindustrian yang ada di sebelah kedutaan besar korea. Untung ada ATM dan fotokopian di sana. Hehehe....

Visa jadi dalam jangka waktu 6 hari kerja tidak dihitung hari libur ya. Bisa dicek online sebelumnya.

• Oh ya, untuk tambahan, jangan lupa bawa obat-obatan pribadi, sering-sering olah raga (Kalau aku kemarin aku geber dengan rajin Zumba), karena fisik yang fit benar-benar dibutuhkan ketika traveling agar tidak mudah lelah dan terserang penyakit. Karena kita berada di negara asing, kita nggak tahu kan ada bakteri atau virus apa di sana. Kalau badan kita lemah, nggak menutup kemungkinan kita bisa terserang penyakit di sana. Aduh, jangan sampai deh.
Oke, guys, setelah visa dan semua perlengkapan selesai, tinggal tunggu tanggal keberangkatan deh. Cihuy!