Suka Menulis dan ingin dijadikan profesi, tapi Bingung Bagaimana? Ngeblog aja!

781
Sebenarnya, saya ngeblog sudah lumayan lama. Tapi saya tahunya blog itu cuma buat curhat. Hahaha... Iya, makanya nggak heran, kalau blog saya isinya udah banyak, tapi isinya curhatan semua. Nah, sejak setahun belakangan, saya mulai penasaran, dong, bagaimana membuat blog jadi menghasilkan. Tentu saja saya tahunya dari status-status teman. Saya add nama seseorang. Sampai akhirnya, saya berhasil ikut salah satu pelatihannya. Tapi ternyata, tidak cukup hanya satu kali ikut pelatihan. Iya, kebetulan juga saya orangnya angin-anginan banget! Makanya, pas saya lihat salah satu status blogger senior mengupload flyer ini, tanpa ragu-ragu, saya langsung daftar. Nih, lihat flyernya.


WORKSHOP BLOGGING : HOBI dan PROFESI

Iya, siapa, sih, yang nggak mau punya hobi yang dibayar? Hobi itu, kan, aktivitas yang kita lakukan dalam frekuensi yang lumayan sering. Dan tentu saja kita melakukannya karena suka. Nah, kebayang nggak, sih, kalau kita dibayar untuk melakukan hal yang kita sukai? Impian banget, kan?

OK, jadilah saya langsung daftar melalui Google Forms. Awalnya, sih, nggak pede bakalan keangkut untuk ikut pelatihan. But nothing to lose. Daftar aja lah. Alhamdulillah nama saya masuk.

Jadilah saya harus melakukan pemberitahuan pada suamik, kalau hari Minggu, saya akan pergi dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang. Untungnya, sih, dia habis ada event, pasti begadang. Jadi dari pagi sampai siang, dia pasti masih tidur. Dengan kata lain, kalau aku ngilang sebentar paginya, dia nggak bakalan merasa kehilangan. Beres.

Untung saja lokasinya benar-benar lokasi yang familier. Istilahnya, tukang ojek pasti tahu semua lah gedung Republika di mana. Jadi nggak bakalan nyasar. Tapi, berhubung saya baik hati, bagi yang belum mengetahui gedung Republika, gedung ini beralamatkan di : Jl. Warung Buncit no. 37 Jakarta Selatan 12510.

Nah, dengan Ibu Ani Berta, sebenarnya saya sudah beberapa kali bertemu beliau, kira-kira 4 kali sama ini, deh. Tapi emang nasib, saya dilupakan terus. Hiks. Semoga setelah ini saya diingat yak. Hihihihihi....

Oke,  sebagai pembukaan, Ibu Ani menjelaskan terlebih dahulu tentang blog. Sejarahnya bagaimana, dan segala macamnya yang berhubungan dengan blog. Jadi, Blog diperkenalkan oleh Justin Hall pada tahun 1994. Dan baru disosialisasikan di Indonesia pada tahun 2004. Cukup ya?

Barulah sampai pada materi utama nih.

Sebagai awal, Ibu Ani menekankan pada kita, sebenarnya apa sih tujuan kita menulis blog? 

Kalau saya, sih, awalnya... sebenarnya buat menulis cerita. Saya memang suka menulis sejak lama, tapi menulis novel. Nah, dulu itu ya, sekitar 8 tahun yang lalu, di mana novel saya ditolak sana-sini, ya udah saya upload aja di blog. Eh, terus bergeser fungsi blog jadi tempat curhat. Terus karena saya orangnya pendiam ya, jadi tempat mengutarakan pendapat deh. Terus setelah nikah, karena udah males curhat nggak jelas, akhirnya saya pakai buat nulis perjalanan traveling. Asli gado-gado banget deh, blog saya itu.

Nah, emang saya orangnya kuper, pas dengar kalau dengan blog bisa menghasilkan, saya yang cengok aja, nggak sadar sampai akhirnya setahun yang lalu. Eh iya ya, ya ampuuun... ke planet apa gue baru sadar sekarang? Hahahaha.... Tapi ya itu ya... emang motivasi itu sebenarnya sangat penting, sih. Soalnya, itu yang membuat semangat kita stabil, lho! Lalu yang paling penting, kita juga dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki passion yang sama.

Kemudian Bu Ani juga menjelaskan, aktivitas apa saja yang termasuk dalam aktivitas blog. Ternyata aktivitas blog ini, tidak hanya sebatas nulis lalu upload, lho. Tapi juga termasuk blogwalking. Iya, jalan-jalan ke blog milik teman kita. Terus jangan lupa like and share. Eh, salah, itu mah di salah satu medsos ya. Hehehe.... Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR! INGAT! TINGGALKAN KOMENTAR! TINGGALKAN KOMENTAR ANDA! OKE? (OK, aku tahu kesannya horor banget, ya, baca kalimat dicapslock semuah gitu :D )

Yang pasti sih, poin penting yang harus kita kuasai dan miliki agar bisa memulai blogging, penguasaan program komputer. Ya, simpel ajalah, yang penting sudah bisa nyalain dan mainin cursor. Kalau ngetik kalimat pasti bisa, dong. Terus, memiliki email aktif. Nah, berhubung blog saya ini memakai blogger.com, jadi email yang dipakai adalah GMAIL.

Bikin email juga gampang banget. Anak SD juga bisa. Percaya, deh, anak SD juga bisa. Buktinya banyak akun anak SD di salah satu medsos, di mana salah satu persyaratan untuk membuat akun medsos adalah harus memiliki email. Jadi, bikin email itu GAMPANG BANGET!

Oke, lanjutkan. Yang pasti sih, kalau mau nulis blog, harus cukup quota internet, yak! Kalau nggak punya, gampang kok. cafe-cafe sekarang banyak yang nyediain wifi gratisan. Jadi, nggak ada alasan lagi nggak bisa ngeblog, kan?

Nah, yang serunya di Workshop kali ini, untuk pemula, yang benar-benar belum punya blog, langsung praktek, lho! Saya juga akhirnya bikin blog baru, http://ninnanichi.blogspot.co.id

Oh iya, Ibu Ani, sih, juga berpesan, agar nama blog kita itu mencerminkan diri kita. Kalau perlu pakai nama asli aja. Ya, kayak www.ninnarosmina.com ini.

Terus kenapa aku bikin ninnanichi? Itu kesannya alay nggak, sih? Please, jangan dikatain alay, yak. Saya pusing harus mikirin nama baru lagi. Pakai nama anak, belum punya. Oh, pakai nama suamik? Ah, kegeeran nanti suaminya. Hahahah...

Oh, iya, dan kalau bisa, nama blog itu pakai domain berbayar. Nggak mahal, kok, setahun sekitar 150ribu. Kalau memang sudah sangat serius ngeblog, dan endorse sudah banyak, kayaknya worth it deh buat beli domain berbayar ini. Gampang kok, belinya. Tinggal google aja yak. Ada banyak pilihannya!^^

Nah, kayaknya segitu deh, materi yang bisa disampaikan. Sudah jelas semua, kan? (Katakan 'iya')

Oh ya, karena pelatihan ini dilaksanakannya di gedung Republika, Pemred Republika, Bapak Irfan Junaidi, juga memberikan sepatah dua patah kata penyambutan. Oh ya, Republika juga memiliki website untuk menulis semacam blog. Coba klik ini ya, Republika Online. Beliau sangat antusias untuk lahirnya penulis-penulis baru.
Nah, ini Pak Irfan Junaidi, menyampaikan kata sambutan untuk para peserta Workshop ISB
Oh ya, yang saya suka, workshop berjalan dengan santai. Selain itu, Bu Ani juga selalu memberikan kita motivasi dan semangat. Blogger itu posisinya juga penting, yaitu sebagai citizen journalism. Acara tidak hanya diisi dengan materi. Ada juga sesi sharing, dengan sesama blogger atau penulis senior. Jadi, alhamdulillah banyak informasi dan pengalaman yang saya dapatkan melalui workshop ini.

Kemudian, workshop diakhiri dengan sesi pertanyaan dan kuis. Untuk sesi pertanyaan, ada banyak bangeeet pertanyaan yang masuk. Ada lomba tweet dan IG juga. Bagus, dong, berarti semuanya antusias dengan acara ini.

Akhir kata, semoga dengan Workshop ini bisa memberikan manfaat yang banyak, baik untuk saya maupun semua peserta lainnya. Semoga Trainernya selalu diberikan berkah dan kesehatan oleh Allah. Dan semoga saya semakin rajin ngeblog. Aamiinn....

Lalu, setelah workshop apakah pulang? Nggak laaah, kita selfie-selfie dan foto-foto dulu dong. Rugi amat langsung pulang. Have a nice day ya, teman-teman ^^

suasana workshop yang lesehan dan santai

foto bareng ibu Ani Berta yang penuh inspirasi. Semoga saya tertular semangatnya ya, Bu

Dapat banyak teman baru, dong ^^

Yang tengah itu Pak Dian Kelana, beliau merupakan wartawan senior lho!

Nah, ini dia self photo di depan gedung Republika, udah lumayan vintage gedungnya

Blogger Squad ^^


Komentar

  1. Terima kasih sudah hadir ya, Mba :)
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. hahaha... seru yaaa... itu ada mpo febri yaa. Merah merona. Iya ade juga sempet bingung mau pilih nama blog. kasih nama asli kepanjangan, ade ummi fikri anaknya udah 3. ya sudah, brandingnya jadi Ade Ufi deh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak, aku aja bingung-bingung pilih nama asli aja deh. Padahal kadang pengen lho punya nama blog yang agak-agak berbau ilmiah gitu #tsaaah

      Hapus
  3. Selamat nge blog yang bukan curhat mbak... kalau saya tetap gak bisa gak curhatan hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha..., tetep mbak. Nulis berdasarkan tema dan curhatan tetap saling mengisi dan melengkapi di blog ini. :D

      Hapus
  4. Salam kenal, udah dalam satu group baru ketemu di workshop, saat nya belajar dan proses. (pengigat diri sendiri)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, mpok Ratne, iyaaa... akhirnya kita kopdar juga yaaa... kapan-kapan kita ketemuan lagi ya

      Hapus
  5. Biasanya lebih akrab disapa Teh Ani Berta mbak hehe. Beliau emang ilmu dan pengalamannya banyak banget menginspirasi pula. Btw domain berbayar emang penting dan gunakan nama asli itu akan lebih meyakinkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul mbak Febri. Jadi ciri khas juga sih kalau pakai nama asli ya. Kesannya profesional gitu. Padahal blognya isinya curhatan semua. Wekekekekk

      Hapus
  6. salam kenal ya mbak.. semoga blognya makin mmaju dan makin berkah.. gpp curhat sesekali wanita kadang butuh didengarkan..hehe

    BalasHapus
  7. Ayo, Mba Ninna. Sukses untuk novel barunya. Nanti kalau waktunya udah agak luang fokus juga di blognya ya. Kita jalan sama2. Curhat selama bisa berbagi manfaat dg teman2 yg baca kan nggak masalah :D Seringkali kita juga senang kok baca2 tulisan yg ringan2.

    BalasHapus
  8. Waaahhh..kalau ingat ini kita belajar rame2 sama teh Ani asyik banget yach? Apalagi pas dengerin sharing beliau dan trik2nya mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Ada fotografer andal juga eeehh bareng2 fotoan kita :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hallooo, senang banget kalian sudah mampir dan memberikan komentar di sini ^^

Popular

Keseruan Pertama Kali Bermain Ski di South Korea

Cruise to Alaska

1st Flight Kuala Lumpur part 2