Branding diri dengan dotcom atau dotnet


Menurut kalian, mana yang lebih eye catching, www.ninnarosmina.com atau www.nichi781.blogspot.com?

Pasti jawabannya www.ninnarosmina.com dong. Selain itu, nama blog ini juga merupakan branding dari aku sendiri sebagai seorang penulis novel.

Sebenarnya, keinginan untuk mengubah domain blog menjadi nama sendiri sudah ada sejak lama. Namun berhubung kurang update dan tidak terlalu mahir dalam urusan komputer, rencana itu pun tertunda bertahun-tahun. Sampai akhirnya ada salah satu teman penulis yang dekat dengan saya, sedang dalam proses mengubah domain blog miliknya sendiri. Merasa tertarik aku pun bertanya-tanya pada dirinya. Sampai akhirnya aku berhasil mengubah domain blogspot menjadi namaku sendiri. Ternyata mudah bangeeeet. Aku yang nggak jago komputer aja bisa, jadi kalian semua juga pasti bisa deh, asal mengikuti petunjuknya aja dengan benar.

Bukan karena ikutan tren aku mengubah nama blog, bukan pula karena ingin dikatakan keren. Namun, lebih karena masukan teman, yaitu untuk membangun branding. Berhubung aku menulis novel, ada baiknya kalau blog ini benar-benar menjadi milik aku sendiri dengan alamat yang singkat dan orang lain mudah mengingatnya. Dengan kata lain juga sebagai ajang promosi untuk karya-karyaku. Walaupun pada prakteknya, blog ini isinya masih gado-gado, tapi itulah aku, sebagai seorang Ninna Rosmina.

Ketika pertama kali mengubah domain blog, ada salah satu teman yang langsung menanyakan padaku bagaimana mengubahnya. Padahal aku sendiri juga baru mengetahuinya. Namun dengan berbekal sok tahu, aku pun memberitahu dia. Tak lama akhirnya teman juga memiliki blog dengan namanya sendiri. Karena seperti yang tadi aku bilang, caranya mudah sekali.

Setelah mengubah domain blog, ngeblog sekarang pun menjadi lebih bersemangat. Ada banyak rencana yang bisa aku terapkan untuk berkembangan blog aku selanjutnya. Tentu saja sebagian besar adalah sebagai ajang promosi dari karya-karyaku dan juga sebagai landing page bagi para pembaca novelku yang ingin mencari tahu semua tentang novel-novel yang pernah aku tulis. Jadi, untuk kedepannya, ngeblog dengan dotcom atau dotnet bisa berkembang untuk urusan bisnis juga. Karena ketika kita sedang menjual sesuatu, ada baiknya kan kita memberikan alamat yang sederhana untuk para calon customer kita.

Coba deh, kita bayangkan kalau misalnya ada salah satu pembaca novelku yang bertanya, "Kak, alamat blognya apa?"

Lalu aku jawab, "www.nichi781.blogspot.com."

Pengalaman aku sih, si penanya pasti akan menanyakan sampai beberapa kali lagi untuk memastikan kalau alamat blog tersebut sudah dituliskan dengan benar. Tapi kalau misalnya aku langsung bilang, "www.ninnarosmina.com." Mereka rata-rata akan langsung mengangguk. Jadi, dengan mengubah domain, branding pun menjadi lebih mudah untuk lebih dikenal. Intinya dotcomforme itu sangat memudahkan deh, untuk branding.

Berhubung penggantian alamatnya juga masih baru, pengalamannya juga masih sedikit. Namun yang bisa aku katakan, sejak mengganti nama blog, kalau ada yang menanyakan alamat blog, aku merasakan sensasi yang berbeda ketika menuliskan alamat blog yang sekarang dibandingkan dengan yang sebelumnya. Rasanya memang lebih membanggakan, dan juga lebih milik pribadi. Rasanya seperti benar-benar milik kita sendiri dan tentu saja lebih semangat dalam mengolahnya.

www.ninnarosmina.com

Mau beratus kali nulisnya juga aku nggak keberatan. Makanya, ubah domain blog kamu dengan dotcom atau dotnet sekarang juga. Dan rasakan sendiri pengalamannya. Jadi, gunakan #dotcomforblogging ya





Komentar

Popular

Keseruan Pertama Kali Bermain Ski di South Korea

Cruise to Alaska

1st Flight Kuala Lumpur part 2